Bagikan

About

Rabu, 19 Oktober 2011

MACAM-MACAM CABLE DATA INTERNAL COMPUTER



Pada postingan kali ini saya akan membahas berbagai jenis connector yg menyambungkan harddisk, optical drive, dan floppy drive. dan berbagai jenisnya diantaranya:

1. PATA (Pararel ATA) Data Cable

Parallel ATA (PATA) adalah sebuah penyambung perangkat penyimpanan seperti hard disk, solid-state drive, floppy drive, dan CD-ROM drive kedalam komputer. Standar dikelola oleh komite X3/INCITS [1]. Menggunakan AT Attachment yang mendasari dan AT Attachment Packet Interface (ATA / ATAPI) standar.
Parallel ATA yang standar adalah hasil dari sejarah panjang inkremental pengemb
angan teknis. ATA / ATAPI merupakan evolusi dari AT Attachment Interface, yang itu sendiri berkembang dalam beberapa tahap dari Western Digital's asli Integrated Drive Electronics (IDE) interface. Akibatnya, banyak di dekat-sinonim untuk ATA / ATAPI dan inkarnasi sebelumnya ada, termasuk singkatan-singkatan seperti IDE yang masih dalam informal umum digunakan. 
Setelah pengenalan pasar Serial ATA pada 2003, ATA yang asli dinamai Parallel ATA data sebelumnya.
Parallel ATA hanya memungkinkan panjang kabel hingga 18 di (457 mm). Karena batas panjang sebagai komputer internal storage interface. Pada awal tahun 2007, hal itu sebagian besar telah digantikan oleh Serial ATA (SATA) dalam sistem baru.

2. SATA (Serial ATA) Data Cable.

Serial ATA atau SATA bus computer. Berguna untuk menghubungkan host bus adapter untuk perangkat penyimpanan massal seperti hard disk drive dan optical drive. SATA host adapter terintegrasi ke hampir semua konsumen modern dan desktop laptop motherboard.
Serial ATA ini dirancang untuk menggantikan yang lama ATA (AT Attachment) standar (juga dikenal sebagai EIDE). Hal ini dapat menggunakan perintah tingkat rendah yang sama, namun serial ATA host-adapter dan perangkat berkomunikasi melalui kecepatan tinggi kabel serial lebih dari dua pasang konduktor. 
Sebaliknya, paralel ATA (yang redesignation untuk warisan spesifikasi ATA) yang digunakan 16 data konduktor masing-masing beroperasi pada kecepatan yang jauh lebih rendah.
SATA memilki beberapa keunggulan dibandingkan yang lebih dibanding paralel ATA (PATA) yaitu mengurangi kabel-massal dan biaya (dikurangi dari 80 kabel ke tujuh), lebih cepat dan lebih efisien transfer data, dan hot swapping.
Seperti tahun 2009, SATA telah menggantikan sebagian besar paralel ATA di semua konsumen pengiriman PC. PATA tetap dalam industri dan aplikasi tertanam tergantung pada penyimpanan CompactFlash meskipun standar penyimpanan CFast baru akan didasarkan pada SATA.

3. Floppy Drive Data Cable. 






Kabel data ini merupakan kabel data hanya untuk Floppy drive. Kabel ini memiliki 34 pin. Dari segi fisik, kabelnya mirip dengan kabel PATA, bedanya pada umumnya kabel data floppy drive terdapat bagian yang disobek.

Terima Kasih anda telah mengunjungi ihsan-berbagi.blogspot.com
 

Tidak ada komentar: